Article Detail

LEARNING FORUM GURU KELAS SD TARAKANITA GADING SERPONG

LEARNING FORUM GURU KELAS

SD TARAKANITA GADING SERPONG

TEMA “ IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTIAL LEARNING dan PEMBELAJARAN BERBASIS RISET

Tanggal, 10,11 Januari 2017

OLEH: M.CHORI RAHMAWATI, M.Pd

Untuk meningkatkan keberhasilan  proses belajar dan mengajar di kelas, dan menghilangkan stigma kejenuhan belajar karena proses pembelajaran hanya menggunakan model ceramah, dan guru sangat mendominasi dalam berkomunikasi SD Tarakanita mengadakan learning forum untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan model Experiental learning dan Pembelajaran BerbasisRiset.

Pengertian EL dan PBR.

—  Experiential learning adalah pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi dan juga melalui suatu proses pembuatan makna dari pengalaman langsung.

—  PBR adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memasukkan hasil riset dalam muatan kurikulum, mengajarkan metodologi riset sebagai muatan kurikulum, mengajarkan penggunaan alat-alat riset, dan mengembangkan suatu kegiatan

Tujuan Pembelajaran Experiential learning:

—  Peningkatan semangat dan gairah pendidik dan peserta didik, di mana dalam belajar akan lebih baik ketika terlibat langsung dalam pengalaman belajar.

—  Membantu terciptanya suasana pembelajar yang kondusif, di mana peserta didik mempunyai komitmen dalam belajar ketika mengambil tanggungjawab dalam proses belajar mereka sendiri.

—  Memunculkan kegembiraan dalam proses belajar,

—  Mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif,

—  Memunculkan kesadaran akan kebutuhan untuk berubah dan memperkuat kesadaran diri pendidik dan peserta didik.

 

 

Tujuan Pembelajaran Berbasis Riset:

Membantu siswa membangun pengetahuan secara fleksibel, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang efektif, belajar mandiri, keterampilan berkolaborasi dan meningkatkan motivasi

 

 

Manfaat EL dan PBR.

1. Secara Kelompok :

—  Mengembangkan dan meningkatkan rasa saling ketergantungan antar sesama anggota kelompok.

—  Meningkatkan keterlibatan dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

—  Mengidentifikasi dan manfaatkan bakat tersembunyi dan kepemimpinan.

—  Meningkatkan empati dan pemahaman antar sesama anggota kelompok

2. Secara Individu

—  Meningkatkan kesadaran akan rasa percaya diri.

—  Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, perencanaan dan pemecahan masalah.

—  Menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi situasi yang buruk.

—  Menumbuhkan dan meningktkan rasa percaya antarsesama anggota kelompok.

—  Menumbuhkan dan meningkatkan semangat kerjasama dan kemampuan untuk berkompromi.

—  Menumbuhkan dan meningkatkan komitmen dan tanggungjawab.

—  Menumbuhkan dan meningkatkan kemauan untuk memberi dan menerima bantuan.

—  Mengembangkan ketangkasan, kemampuan fisik dan koordinasi.

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment